Apa Itu Fasad Bangunan?


Fasad atau façade merupakan kata yang berasal dari bahasa Perancis yaitu façade, atau dari bahasa Italia Facciata atau faccia. Di mana seperti dalam bahasa Latin, kata Faccia memiliki arti wajah.

Jadi fasad bangunan dapat diartikan wajah dari suatu bangunan rumah atau juga dapat dianggap sebagai tampak luar bangunan.

Dari wajah tersebut dapat ditangkap karakter, kesan, keunikan serta keindahannya. Sehingga fasad bangunan rumah minimalis modern merupakan elemen pertama yang dapat dilihat dan dinilai orang lain dari luar bangunan tersebut.

Namun tak cukup sebagai tampak atau muka bangunan yang memiliki ciri khas saja, fasad bangunan juga merupakan elemen penting yang akan membuat orang tertarik dengan desain bangunan tersebut.

Sehingga seperti hotel, condotel, apartemen serta gedung perkantoran, menganggap fasad bangunan merupakan faktor yang sangat penting dan memegang pengaruh besar pada bangunan tersebut.
Artikel Terkait:

Sehingga hal ini membuat banyak gedung hotel, perkantoran, condotel, apartemen serta mall pun banyak yang memiliki ciri khas tersendiri dari bangunan tersebut.

Di mana dalam pembuatan fasad dari sebuah bangunan, tantangan dalam mendesain fasad bukan hanya terletak pada keindahan, kecantikan, kemewahan serta keunikannya saja tapi juga dari segi kualitas material fasad dan material finishingnya yang akan digunakan.

Hal itu membuat, pengerjaan fasad bangunan harus memperhatikan hal ini.

1. Bagian fasad atau dinding luar bangunan tak boleh rembes jika terkena air hujan. Oleh karena itu pemilihan material fasad harus memperhatikan faktor ini untuk menghindari rembesan yang tidak diinginkan.

2. Dinding fasad yang menggunakan material plester aci finishing cat saja akan menimbulkan gelombang-gelombang pada permukaannya jika tidak mahir, karena pembuatan permukaan fasad yang merata dan sempurna merupakan hal yang cukup susah dan mustahil. Sehingga membutuhkan proses pengerjaan yang sangat rumit dan susah.

3. Untuk menyiasati gelombang pada permukaan fasad yang tidak merata, dinding panel bisa disiasati dengan menggunakan GRC board, ACP (Aluminium Composite Panel) dan lainnya.

4. Penggunaan material GRC board harus menggunakan tali air yang cukup karena tanpa tali air, fasad bangunan akan mudah retak seiring berjalannya waktu.

This Is The Oldest Page


EmoticonEmoticon